Pembuatan Augmented Reality berbasis Titik untuk Mendukung Building Information Modelling (BIM)

Arif Rohman, Aris Rinaldi, Fajar Hidayat

Abstract


 

Pembangunan aplikasi BIM untuk mendukung proses pekerjaan konstruksi saat ini semakin gencar dilakukan. Hal ini dikarenakan BIM dapat membuat pekerjaan konstruksi lebih terarah sehingga biaya dapat dihemat dan waktu pekerjaan menjadi efisien. BIM sendiri saat ini terdiri atas beberapa level mulai dari pembuatan model 2D hingga aplikasi yang bisa diakses Bersama seluruh pengguna. Salah satu hal yang penting dalam BIM adalah informasi terkait dengan rencana dan progress bangunan yang akan besinggungan langsung dengan ruang spasial. Salah satu metode yang dapat menggabungkan antara rencana dan progres adalah aplikasi Augmented Reality (AR). Penelitian ini mencoba membuat aplikasi Augmented Reality sederhana yang dapat menunjukan titik-titik rencana tapak bangunan dan bentuk bangunan. Pembuatan aplikasi AR ini menggunakan perangkat lunak Unity dan dijalankan pada ponsel berbasis Android. Hasil menunjukan bahwa koordinat lokasi titik rencana hasil stake out di lapangan sudah menunjukan posisi yang sesuai meskipun terdapat batasan yaitu akurasi posisinya akan bergantung pada akurasi GPS pada perangkat ponsel


Keywords


BIM, Augmented Reality, stake out, GPS

References


https://www.pu.go.id/berita/kementerian-pupr-terus-tingkatkan-pemanfaatan-teknologi-bim-dalam-pembangunan-infrastruktur [Diakses pada tanggal 04 Janari 2022].

BIM PUPR (2018). Panduan Adopsi BIM dalam Organisasi. Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Jakarta, Indonesia.

Peraturan Menteri PUPR No. 22 Tahun 2018 tentang Pembangunan Gedung Negara.

https://www.united-bim.com/bim-maturity-levels-explained-level-0-1-2-3/ [Diakses pada tanggal 04 Janari 2022]

T Azuma Ronald, "A Survey of Augmented Reality," Presence: Teleoperators and Virtual Environments , pp. 355–385, 1997.

Jayang Nurdiansyah and Achmad Choiron, "Augmented Reality Untuk Media Promosi Rumah Pada Alang-Alang Contruction Berbasis Android," Journal of Information Technology and Computer Science , pp. 99-106, 2018.

Bonny A Suryawinata , "Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Memvisualisasikan Produk Perumahan Melalui Internet," ComTech, pp. 758-769, 2010.

Muhammad H Rizal and Lanihayati Sandiana, "Aplikasi Pemasaran Perumahan Berbasis Teknologi Augmented Reality," Jurnal Inspiraton, pp. 140 - 147, 2016.

Danang Budi Susetyo, Haptiwi Tri Yuniar, and Lufti Rangga Saputra, "Standarisasi Aplikasi Survey Pemetaan Terestris Dalam Bidang Konstruksi Struktur Bawah Bangunan," in Forum Ilmiah Tahunan Ikatan Surveyor Indonesia (FIT ISI), Yogyakarta, 2013




DOI: https://doi.org/10.56911/jik.v1i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Politeknik Pekerjaan Umum
Jalan Soekarno Hatta Nomor 100 Gayamsari Semarang, 50166
Jalan Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50275
E-mail: redaksi.jurnal@politeknikpu.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License