ANALISIS DISPLACEMENT PADA JEMBATAN STEEL BOX GIRDER TERHADAP PENGGUNAAN LEAD RUBBER BEARING

Syadza Ardhia Rihada Tulai'sy, Untoro Nugroho

Abstract


Dalam konstruksi gedung dan jembatan, terdapat teknologi berupa sistem isolasi seismik yang bertujuan untuk meredam gempa. Salah satu jenis isolasi seismik yang sedang banyak diaplikasikan di Indonesia adalah Lead Rubber Bearing (LRB). Lead Rubber Bearing memiliki kapasitas redaman yang tinggi berkemampuan untuk mengembalikan struktur pada posisi semua setelah gempa berakhir. Analisis menggunakan MIDAS Civil berdasarkan arah X (longitudinal), arah Y (lateral) dan arah Z (vertikal) dan hasil Factory Production Control (FPC) Test. Analisa dilakukan pada 3 (tiga) sampel LRB, yaitu 1P, 2J dan 3J yang berada di bawah jembatan tipe Steel Box Girder. Faktor yang memengaruhi nilai displacement seismik pada analisis ini adalah dimensi LRB dan spektrum respons seismik. Pada permodelan menggunakan MIDAS Civil, nilai displacement seismik Sampel 1P pada arah X = 8,68 mm, arah Y = 0,6 mm dan arah Z = 121,45 mm. Pada Sampel 2J, arah X = 6,23 mm, arah Y = 6,5 mm dan arah Z = 92,53 mm. Pada Sampel 3J, arah X = 6,90 mm, arah Y = 0,27 mm dan arah Z = 110,72 mm. Pada analisis FPC Test, nilai displacement seismik pada Sampel 1P dari 141,01 mm hingga -141,01 mm. Pada Sampel 2J, dari 134,01 mm hingga -134,01 mm. Pada Sampel 3, dari 136,00 mm hingga -136,01 mm.


Keywords


displacement; lead rubber bearing; steel box girder; factory production control test

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56911/jik.v3i2.93

Refbacks



Office:
Politeknik Pekerjaan Umum
Jalan Soekarno Hatta Nomor 100 Gayamsari Semarang, 50166
Jalan Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50275
E-mail: redaksi.jurnal@politeknikpu.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License