Analisis Perbandingan Metode Sistem Rotasi Bekisting Balok dan Pelat pada Pembangunan Gedung Parkir di Kawasan Pura Besakih

Irenisa Nabila Az Zahra, Safira Nur Fatimah, Robi Fernando, Hendra Adi Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis beberapa model sistem rotasi bekisting untuk mendapatkan hasil yang paling optimal dari segi biaya dan waktu pada Proyek Pembangunan Gedung Parkir di Kawasan Pura Besakih. Permodelan metode sistem rotasi bekisting yang dilakukan meliputi sistem rotasi 0.5 lantai, 1 lantai, dan 1.5 lantai. Masing-masing model terdiri dari beberapa tahapan yaitu metode pelaksanaan rotasi bekisting, analisis kebutuhan material, analisis produktivitas dan durasi, serta analisis biaya untuk kemudian diolah menjadi suatu grafik yang dapat menampilkan hasil yang paling optimal. Hasil analisis menunjukkan sistem rotasi bekisting balok dan pelat yang paling optimal pada Proyek Pembangunan Gedung Parkir di Kawasan Pura Besakih yaitu sistem rotasi 1 lantai yang membutukan biaya sebesar Rp. 10.941.741.863 dan durasi pelaksanaan sepanjang 124 hari.


References


Asiyanto, Formwork for Concrete. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), 2010.

M. Antonius, “Efektivitas Waktu Dan Biaya Penggunaan Bekisting Teknik Rotasi (Studi Kasus Pekerjaan Revitalisasi Dan Pengembangan Asrama Haji Palangka Raya),” Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2016.

Z. D. Ariyanti, “Perencanaan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting pada Proyek Hotel Lifestyle Surabaya,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.

E. P. Widoyoko, Penilaian hasil pembelajaran di Sekolah, 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.




DOI: https://doi.org/10.56911/jik.v1i2.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Politeknik Pekerjaan Umum
Jalan Soekarno Hatta Nomor 100 Gayamsari Semarang, 50166
Jalan Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50275
E-mail: redaksi.jurnal@politeknikpu.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License