Stabilitas Lereng Timbunan Sta. 24+100 Jalan Akses Pulau Balang Menggunakan GeoStudio
Abstract
Riset ini membahas tentang permasalahan lereng timbunan jalan akses pulau balang yang berlokasi di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur. Pada lereng timbunan area Sta. 24+100 sisi kanan terdapat longsoran lereng yang disebabkan adanya rembesan air masuk kebadan jalan, selain itu lapisan tanah dasar yang dinilai berupa tanah lunak (soft) dengan muka air tanah yang cukup tinggi berpotensi mengalami longsoran dan mengakibatkan penurunan tanah. Analisa dilakukan menggunakan software Geostudio. Dari hasil analisa lereng timbunan didapat hasil sebagai berikut, pada kondisi terkonsolidasi 1 tahun tanpa penanganan, kondisi lereng masih masuk dalam kriteria desain jangka panjang dengan nilai SF sebesar 1,546 sedangkan pada lereng dengan kondisi hujan didapatkan nilai SF sebesar 1,379. Kondisi ini tidak memenuhi kriteria desain SF jangka panjang (SF Jangka Panjang > 1.5). Pada kondisi lereng terkonsolidasi 1 tahun dengan penangan didapatkan nilai SF lereng sebesar 1,730 sedangkan pada lereng dengan kondisi hujan didapatkan nilai SF sebesar 1,574. Dari hasil analisa dapat diambil kesimpulan bahwa lereng pada kondisi terkonsolidasi 1 tahun dengan penanganan masih masuk dalam kriteria design jangka panjang. Rekomendasi penanganan lereng yang dipilih berupa penanganan dengan counterweight dan cerucuk dibawah timbunan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
J. Hartono, U. Khoiroh, and M. Saleh, “Stabilitas Tanah Timbunan Sisi BH-1 Proyek Jalan Akses Pembangunan Jembatan Pulau Balang II,” Bentang J. Teor. dan Terap. Bid. Rekayasa Sipil, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.33558/bentang.v10i1.2718.
J. Hartono, “Evaluasi Keutuhan Borepile Metode Crosshole Sonic Logging (CSL) Pembangunan Jembatan Pulau Balang II,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 19, no. 4, p. 461, 2021, doi: 10.12962/j2579-891x.v19i4.9745.
Satuan Kerja Pelaksanaan Jembatan Pulau Balang, “Laporan Akhir Pengawasan Teknis Jembatan Pulau Balang,” Balikpapan, 2021.
M. Syahri Ramadhan, A. Gazali, R. Adawiyah, I. Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, and K. Selatan, “Perencanaan Dinding Penahan Tanah Tipe Cantilever Wall Pada Akses Jalan Pulau Balang-Penajam Paser Utara-Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur,” 2021.
J. Teknologi et al., “KAJIAN LAPISAN AKUIFER METODE GEO-ELECTRICAL PROVINSI KALIMANTAN TIMUR ( Study of Aquifer on Resistivity Method Sub-District of North Samarinda City of Samarinda East Kalimantan Province ),” vol. 6, no. 2, 2018.
M. S. P. V and P. J. Tol, “Dengan Perkuatan Mini Pile,” pp. 9–20.
M. Ridwan, K. Prihatin, and Junaidi, “Analysis of Slope Stability Using Geotextiles on the Access Road Balang Balikpapan Island,” J. Inersia, vol. XII, no. 1, pp. 37–43, 2020.
L. Giroud, J.P. and Noiray, “Geotextile Reinforced Unpaved Road Design:Modified Houlsby Approach,” J. Geotech. Eng., no. June, p. 2500, 2000.
H. . Hardiyatmo, Teknik Pondasi 1, Edisi Kedu. Yogyakarta: Beta Offset, 2002.
T. Nalgire, D. P. P, M. A.A, and H. P.D, “Slope Stability Analysis by GeoSlope,” Helix, vol. 10, no. 1, pp. 71–75, 2020, doi: 10.29042/2020-10-1-71-75.
Pusat Litbang Prasarana Transportasi, “Panduan Geoteknik 4,” Desain dan Konstr., no. 4, 2002.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Direktorat Jenderal Bina Marga, Spesifikasi Umum 2018, no. September. Jakarta, 2018.
A. Setiawan, “Perancangan Struktur Beton Bertulang,” Peranc. Strukt. Bet. Bertulang, p. 234, 2013.
M. Effendi, “Analisis Stabilitas Lereng Menggunakan Software Geostudio Slope/W 2012 Berdasarkan Metode Bishop Di Desa Cisarua, Kabupaten Bogor,” 2016, [Online]. Available: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/87071.
DOI: https://doi.org/10.56911/jik.v1i1.18
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Office:
Politeknik Pekerjaan Umum
Jalan Soekarno Hatta Nomor 100 Gayamsari Semarang, 50166
Jalan Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50275
E-mail: redaksi.jurnal@politeknikpu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License