Pembuatan Augmented Reality berbasis Titik untuk Mendukung Building Information Modelling(BIM)

Arif Rohman, Aris Rinaldi, Fajar Hidayat

Sari


 

Pembangunan aplikasi BIM untuk mendukung proses pekerjaan konstruksi saat ini semakin gencar dilakukan. Hal ini dikarenakan BIM dapat membuat pekerjaan konstruksi lebih terarah sehingga biaya dapat dihemat dan waktu pekerjaan menjadi efisien. BIM sendiri saat ini terdiri atas beberapa level mulai dari pembuatan model 2D hingga aplikasi yang bisa diakses Bersama seluruh pengguna. Salah satu hal yang penting dalam BIM adalah informasi terkait dengan rencana dan progress bangunan yang akan besinggungan langsung dengan ruang spasial. Salah satu metode yang dapat menggabungkan antara rencana dan progres adalah aplikasi Augmented Reality (AR). Penelitian ini mencoba membuat aplikasi Augmented Reality sederhana yang dapat menunjukan titik-titik rencana tapak bangunan dan bentuk bangunan. Pembuatan aplikasi AR ini menggunakan perangkat lunak Unity dan dijalankan pada ponsel berbasis Android. Hasil menunjukan bahwa koordinat lokasi titik rencana hasil stake out di lapangan sudah menunjukan posisi yang sesuai meskipun terdapat batasan yaitu akurasi posisinya akan bergantung pada akurasi GPS pada perangkat ponsel


Kata Kunci


BIM, Augmented Reality, stake out, GPS

Referensi


https://www.pu.go.id/berita/kementerian-pupr-terus-tingkatkan-pemanfaatan-teknologi-bim-dalam-pembangunan-infrastruktur [Diakses pada tanggal 04 Janari 2022].

BIM PUPR (2018). Panduan Adopsi BIM dalam Organisasi. Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Jakarta, Indonesia.

Peraturan Menteri PUPR No. 22 Tahun 2018 tentang Pembangunan Gedung Negara.

https://www.united-bim.com/bim-maturity-levels-explained-level-0-1-2-3/ [Diakses pada tanggal 04 Janari 2022]

T Azuma Ronald, "A Survey of Augmented Reality," Presence: Teleoperators and Virtual Environments , pp. 355–385, 1997.

Jayang Nurdiansyah and Achmad Choiron, "Augmented Reality Untuk Media Promosi Rumah Pada Alang-Alang Contruction Berbasis Android," Journal of Information Technology and Computer Science , pp. 99-106, 2018.

Bonny A Suryawinata , "Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Memvisualisasikan Produk Perumahan Melalui Internet," ComTech, pp. 758-769, 2010.

Muhammad H Rizal and Lanihayati Sandiana, "Aplikasi Pemasaran Perumahan Berbasis Teknologi Augmented Reality," Jurnal Inspiraton, pp. 140 - 147, 2016.

Danang Budi Susetyo, Haptiwi Tri Yuniar, and Lufti Rangga Saputra, "Standarisasi Aplikasi Survey Pemetaan Terestris Dalam Bidang Konstruksi Struktur Bawah Bangunan," in Forum Ilmiah Tahunan Ikatan Surveyor Indonesia (FIT ISI), Yogyakarta, 2013


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Except where otherwise noted, content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.

2021 - Jurnal Inovasi Konstruksi, Politeknik Pekerjaan Umum

Download Template Naskah Jurnal

Jurnal Inovasi Konstruksi stats